Tips Untuk Merawat TV LED Agar Lebih Awet

about us

Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang wajib hadir di setiap rumah. Karena, dengan menonton Televisi Anda bisa mendapatkan hiburan yang instan dari TV yang Anda miliki di rumah. TV LED menjadi salah satu jenis Televisi yang wajib Anda miliki di ruang TV rumah Anda.

Saat ini, TV LED merupakan jenis TV favorit yang dipilih oleh banyak orang. Karena, bobot TV LED tergolong lebih ringan dibandingkan TV tabung. Selain itu, TV LED juga memiliki berbagai fitur yang bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan hiburan melalui TV LED yang Anda miliki. Harga yang ditawarkan TV LED juga cukup terjangkau mengingat saat ini terdapat banyak TV LED murah dengan kualitas terbaik dari Panasonic TV. Karena TV LED begitu penting untuk fungsinya di rumah, maka rawatlah TV LED yang Anda miliki dengan melakukan beberapa tips sebagai berikut :

Menjauhi Sinar Matahari

Sinar matahari mungkin memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh manusia. Tapi, sinar matahari tidaklah ramah untuk TV LED yang ada di rumah Anda. Karena, TV LED yang terpapar sinar matahari akan memiliki layar yang cenderung lebih mudah kusam. Tak hanya itu, TV LED juga memiliki kandungan radiasi yang membuat TV LED menjadi lebih cepat rusak apabila terpapar sinar matahari secara terus menerus. Oleh karena itu, letakkan TV LED di tempat yang tepat dan jauhi sinar matahari agar TV LED di rumah Anda jadi lebih awet.

Membersihkan TV LED Secara Rutin

Jika TV LED yang Anda miliki di rumah terlihat lebih terawat, maka bersihkanlah TV LED secara rutin. Membersihkan TV LED bisa dilakukan dengan mudah yakni dengan cara membersihkan debu yang menempel di TV LED tersebut. Akan tetapi, untuk bagian layar pastikan Anda melakukan proses pembersihan dengan cara yang tepat. Karena, Anda membutuhkan cairan pembersih optik khusus untuk membersihkan bagian layar TV LED. Selain itu, jangan lupa juga untuk mematikan TV LED sebelum membersihkannya agar komponen dalam TV tidak rusak. Sehingga, layar TV Anda akan tetap terlindungi dan terlihat bersih setelah dibersihkan dengan cara yang tepat.

Hindari Medan Magnet

Medan magnet bukan lah suatu hal yang ramah untuk TV LED. Karena, benda dengan medan magnet bisa mengganggu kinerja TV LED di rumah Anda. Salah satu barang yang memiliki medan magnet adalah speaker. Untuk itu, usahakan untuk meletakkan speaker tidak berdekatan dengan TV LED yang Anda miliki di rumah agar TV LED lebih awet dan kualitasnya terjaga dalam jangka waktu yang lebih lama.

Matikan Secara Tepat Saat Tidak Digunakan

Mematikan TV saat tidak digunakan merupakan hal yang bijak. Karena, selain bisa menghemat listrik, mematikan TV ketika tidak digunakan juga bisa menambah panjang umur TV LED yang ada di rumah Anda. Tapi, saat mematikan TV LED, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang tepat. Matikan TV dengan menggunakan remote TV terlebih dahulu. Setelah itu, baru kemudian cabut colokan tersebut agar dapat menjaga keawetan komponan TV LED karena TV LED yang dihubungkan ke listrik secara terus menerus bisa merusak komponen power supply di TV tersebut.

Tidak Meletakkan Smartphone di Dekat Televisi

Sering meletakkan Smartphone di dekat TV LED Anda? Jika iya, maka sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena meletakkan Smartphone di dekat TV LED bisa membuat umur TV LED Anda menjadi lebih pendek. Hal ini disebabkan karena gelombang sinyal yang digunakan Smartphone dapat mengganggu kinerja TV LED Anda. Apabila dibiarkan, maka komponen TV LED akan lebih cepat mudah rusak sehingga Anda perlu menghindari peletakkan Smartphone di dekat TV LED di rumah Anda.

Merawat TV LED merupakan salah satu cara yang tepat jika ingin memiliki peralatan elektronik yang lebih awet. Karena, biarpun TV yang Anda miliki merupakan TV LED murah, bukan berarti kualitasnya murahan dan Anda perlu merawatnya agar kualitas TV yang Anda miliki bisa lebih terjaga. Selamat mencoba!


Source: Panasonic


YOU MAY ALSO LIKE