Tips Memilih TV LED Terbaik

about us

Bila Anda ingin mendapatkan kepuasan menonton yang optimal dengan harga relatif bersahabat, TV LED adalah pilihan yang tepat. Kualitas gambar terbaik yang diberikan oleh TV LED akan memberikan pengalaman menonton yang memuaskan. Selain itu, TV LED juga memiliki banyak kelebihan lain, seperti hemat energi, lebih awet, dan ramah lingkungan. Tapi saat ini ada berbagai macam TV LED yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan berbagai fitur tambahan  yang berbeda. Lalu bagaimanakah cara untuk memilih TV LED untuk keluarga? Hal apa saja yang harus Anda perhatikan sebelum membeli TV LED? Berikut ini adalah beberapa faktor penting yang akan membantu Anda:


1. Ukuran ruangan

TV ukuran besar memang memberikan kepuasan lebih saat menonton. Tapi sebelum membeli TV LED ukuran besar, perhatikan dulu luas ruangan tempat Anda akan meletakkan TV tersebut. Tiap ukuran TV memiliki jarak pandang minimal yang perlu dipenuhi demi kenyamanan menonton. Bila TV ukuran besar diletakkan di ruang yang kecil, bisa jadi jarak pandang minimal ini tidak terpenuhi, sehingga mengganggu kenyamanan atau merusak mata.

Menurut www.panasonictv.id ukuran TV yang ideal bisa dihitung dari perkiraan jarak sofa dengan penempatan TV. Tepatnya, dimensi ukuran TV ideal adalah jarak pandang dibagi 3. Contohnya, kalau sofa atau tempat duduk berada 3 meter (dikonversi menjadi 120 inci) dari lokasi penempatan TV, maka ukuran TV ideal adalah TV yang berukuran 40 inci (ukuran didapat dari 120 inci dibagi 3) atau lebih besar. Berikut ini adalah panduan dimensi TV dan jarak pandang minimal yang harus dipenuhi:

- Jarak pandang ideal TV ukuran 22-23 inci: 1 - 3 meter

- Jarak pandang ideal TV ukuran 32-43 inci: 3 - 5 meter

- Jarak pandang ideal TV ukuran 43-65 inci: 5 - 7 meter


2. Spesifikasi TV

Tentu saja, spesifikasi TV merupakan faktor penting yang perlu jadi perhatian Anda, misalnya resolusi gambar, apakah TV tersebut merupakan Smart TV atau bukan, dll. Spesifikasi TV paling mendasar yang harus ada dalam TV pilihan Anda tentunya adalah resolusi gambar. Bila dana Anda mencukupi, lebih baik Anda memilih TV Full HD (piksel vertikal minimal 1080) daripada TV HD Ready (pixel vertikal minimal 720). Resolusi yang tinggi memberikan gambar yang lebih tajam, sehingga kualitas gambar TV Full HD tentu lebih baik dibandingkan TV HD Ready. Tak ada salahnya pula membeli TV LED dengan kualitas 4K yang resolusi gambarnya lebih tajam lagi, terutama bila Anda ingin agar TV LED Anda tak ketinggalan jaman. Dengan cepatnya perkembangan teknologi saat ini, bisa diperkirakan sebentar lagi tayangan TV dengan kualitas 4K akan semakin banyak dan mudah didapat.

Selain resolusi TV, perhatikan pula kemampuan TV untuk menampilkan warna. Akan lebih baik kalau Anda bisa mendapatkan TV LED dengan teknologi HDR (High Dynamic Range) yang tak hanya menyajikan gambar yang tajam, tapi juga dengan warna yang lebih kaya dengan kontras yang tinggi. Fitur Hexa Chroma Drive dari Panasonic TV juga jadi pilihan ideal.


3. Konektivitas TV

Jaman memang sudah berubah. Tayangan TV tidak hanya bisa didapat dari saluran TV lokal, tapi juga dari saluran TV kabel, hingga streaming internet. TV juga bisa digunakan untuk bermain game atau hiburan lainnya. Karena itu, pastikan TV LED yang Anda beli memiliki slot USB, HDMI, bahkan fitur wifi untuk koneksi nirkabel. Lebih canggih lagi bila TV Anda bisa terkoneksi dengan telepon selular Anda. Bila perlu, TV Anda harus memiliki tidak cuma 1 slot HDMI, tapi 2 atau 3 slot HDMI untuk mempermudah pemakaiannya, terutama bila Anda sering menggunakan TV Anda untuk bermain game. Idealnya, TV Anda juga harus ‘pintar’!


4. Harga

Saat ini, TV LED berkualitas sudah bisa didapat dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Tapi tentunya Anda ingin mendapatkan kualitas yang sesuai dengan uang yang sudah Anda keluarkan, bukan? Perhatikan faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, lalu bandingkan dengan dana yang Anda miliki. Misalnya, bisa jadi harga TV LED 32 inci tidak berbeda jauh dengan harga TV LED 40 inci. Pembedanya adalah pada spesifikasi dan fitur TV tersebut. Kalau harga TV LED 40 inci yang tidak memiliki fitur Full HD dan HDR tidak berbeda jauh dengan harga TV LED 32 inci yang sudah Smart, Full HD, dan HDR, ada baiknya Anda memilih TV LED 32 inci yang lebih canggih tersebut. Ingat, dimensi dan ukuran TV bukan satu-satunya faktor untuk memberikan kenyamanan menonton. 


5. Garansi

Seberapapun kecilnya, resiko kerusakan saat pengepakan atau pengiriman barang selalu ada. Karena itu, pastikan TV LED yang Anda beli memiliki garansi pabrik, sehingga produk akan diganti bila ada kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian pembeli. Perhatikan pula syarat dan ketentuan pada garansi produk TV Anda. Jangan ragu untuk bertanya pada staf toko elektronik untuk memastikan garansi TV yang akan Anda beli.


Bila Anda suka menonton film atau tayangan TV, maka TV merupakan produk elektronik yang akan Anda gunakan setiap hari. Pemilihan TV LED yang tepat akan membantu Anda mendapatkan TV yang tidak hanya canggih, tapi juga tahan lama. Apalagi kenyamanan menonton merupakan hal penting yang harus ada saat Anda menikmati tayangan TV. Jadi, sebelum membeli TV LED baru, perhatikan dulu faktor-faktor di atas, ya. 

Source: Folder Tekno


YOU MAY ALSO LIKE