Tips Memaksimalkan Suara dari TV di Rumah Anda

about us

Televisi merupakan sarana hiburan termudah yang bisa Anda dapatkan sehari-hari. Dengan memiliki Televisi di rumah, Anda dapat menyaksikan berbagai tayangan sesuai dengan keinginan Anda. Namun, untuk meningkatkan kepuasan saat menonton TV, Anda harus memperhatikan kualitas suara yang dihasilkan oleh Televisi tersebut. Oleh karena itu, tips-tips berikut ini dapat Anda terapkan untuk memaksimalkan suara dari TV di rumah Anda.


Menggunakan peredam suara

Sebelum menggunakan perangkat tambahan untuk memaksimalkan suara dari TV, periksa terlebih dahulu ruangan tempat Anda meletakkan TV tersebut. Peletakkan yang kurang tepat tidak hanya mengganggu kenyamanan saat menonton melainkan juga dapat menurunkan kualitas suara yang dikeluarkan dari Televisi. Salah satu faktor yang mengurangi kualitas suara yang dihasilkan adalah suara bising yang masuk kedalam ruangan TV.


Untuk mengatasi suara bising yang masuk ke dalam ruangan, Anda dapat meletakan TV tersebut pada ruangan yang lebih sunyi di rumah. Jika Anda memiliki keterbatasan ruang di dalam rumah, Anda dapat menggunakan peredam suara untuk menjaga agar suara yang dihasilkan TV tersebut tidak bocor atau terganggu oleh suara bising dari luar rumah. Dengan menggunakan peredam, suara yang dihasilkan TV akan terjaga dan Anda seakan memiliki bioskop pribadi di dalam rumah.


Memasang perangkat audio tambahan

Untuk memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan TV, Anda tentu membutuhkan perangkat audio tambahan. Penggunaan perangkat audio tambahan seperti speaker akan membantu Anda untuk mengontrol kualitas suara mulai dari bass dan treble agar sesuai dengan kebutuhan. Meskipun setiap TV memiliki pengaturan suara otomatis sesuai dengan tayangan yang Anda saksikan, bukan berarti hal tersebut cukup untuk membuat suara yang dihasilkan TV Anda cukup maksimal. Oleh karena itu, penggunaan perangkat audio tambahan sangat dianjurkan untuk memaksimalkan suara yang keluar dari TV Anda.

Dalam memilih speaker, Anda tidak hanya harus memperhatikan kekuatan suara yang dihasilkan dan fleksibilitas dalam menentukan frekuensi suara yang dihasilkan. Pastikan juga desain speaker yang Anda pilih menunjang estetika di dalam ruang TV. Karena, penggunaan speaker dengan desain yang tidak menarik justru akan merusak tampilan pada ruang tempat Anda meletakkan TV tersebut. Sebagai rekomendasi, Anda dapat menggunakan produk soundbar dari Panasonic yang mempunyai desain menarik dan terintegrasi dengan desain Televisi yang digunakan.


Memaksimalkan letak speaker

Sudah menggunakan perangkat audio tambahan namun suara yang dihasilkan masih belum sesuai dengan harapan Anda? Mungkin peletakkan speaker Anda kurang tepat sehingga tidak menciptakan suara yang menyeluruh hingga ke setiap sudut ruangan. Untuk itu, sebaiknya letakkan speaker Anda dengan tepat agar bisa menghasilkan surround sound hingga ke seluruh ruangan.

Peletakkan speaker untuk menghasilkan suara yang menyeluruh dapat dilakukan sesuai dengan perangkat speaker yang Anda miliki. Jika Anda memiliki perangkat speaker dengan satu subwoofer dan dua pengeras suara, maka Anda dapat meletakkan subwoofer tersebut di tengah dan masing-masing pengeras suara di samping kanan dan kiri Televisi. Jika Anda memiliki lebih dari dua pengeras suara, maka Anda dapat meletakkannya di sekeliling ruangan agar suara yang dihasilkan jadi lebih optimal. Dengan demikian, Anda telah berhasil mengoptimalkan suara yang dihasilkan TV di rumah Anda.

Meski Anda dapat mengoptimalkan suara yang dihasilkan TV dengan menggunakan perangkat audio tambahan, bukan berarti Anda tidak memperhatikan kualitas suara TV yang ingin Anda beli. Karena, beberapa TV tidak memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih TV dengan kualitas suara yang terjamin sehingga dapat memanjakan telinga Anda.

Source: Panasonic


YOU MAY ALSO LIKE