Teknologi TV Terbaru di Tahun 2018

about us


Teknologi berkembang begitu cepat dari tahun ke tahun, tak cuma menyesuaikan diri dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, namun bahkan menciptakan kebutuhan baru bagi masyarakat. Hal ini berlaku pula pada perkembangan teknologi televisi. Setiap tahun, teknologi TV terus berevolusi semakin canggih, memberikan kualitas gambar yang semakin prima dan terus meningkatkan standar kenikmatan dan kenyamanan menonton. Lalu bagaimana dengan tahun 2018 ini? Teknologi Smart TV apa saja yang merupakan teknologi TV terbaru pada tahun 2018 ini?


1. OLED (Organic Light Emitting Diode)

OLED merupakan salah satu teknologi panel layar TV yang terbaru, yang merupakan pengembangan dari teknologi panel layar LED. Bedanya, pixel pada layar LED membutuhkan pencahayaan dari belakang alias ‘backlight‘ untuk memancarkan cahaya, sedangkan setiap pixel pada layar OLED mengunakan pemancar cahaya dari lapisan organik, sehingga setiap pixel bisa memancarkan cahayanya sendiri. Hasilnya, setiap gambar yang ditampilkan layar OLED bisa dikontrol hingga ke tingkat pixel, sehingga memiliki warna yang lebih kaya dan kontras yang lebih tajam. Respon layar juga lebih cepat, sehingga memperkecil peluang distorsi gambar dan tampilan gambar yang bergerak cepat akan tetap prima dan tidak buram.


Selain keunggulan-keunggulan di atas, ketiadaan backlight pada layar OLED juga membuat TV OLED lebih tipis dan lebih hemat energi dibandingkan TV LED. Tak cukup dengan teknologi OLED, Panasonic TV bahkan hadir dengan Master Panel OLED yang memadukan kelebihan layar OLED dengan inovasi hardware dan software, sehingga tampilan gambar dapat dikendalikan dengan lebih detail. Tayangan TV pun bisa dinikmati dari berbagai sudut, sehingga setiap orang di dalam ruangan bisa mendapatkan kualitas gambar terbaik.


2. Hexachroma

Hexachroma adalah teknologi pengolahan gambar terbaru yang diusung oleh Panasonic TV. Dengan teknologi ini, Panasonic TV mampu menampilkan gambar 6-Reproduksi Warna (6-Colour Rediscovered) yang memperbaiki warna, kecerahan, dan ketajaman gambar, sehingga gambar yang dihasilkan memiliki warna yang lebih kaya dan alami. Panasonic TV juga memiliki fitur HEXA Boost agar penikmat tayangan bisa mendapatkan warna yang lebih hidup dalam tayangan seperti olahraga, drama, dan animasi.


Keunggulan Hexachroma dibandingkan teknologi pengolah gambar lainnya adalah kinerja Hexachroma yang komprehensif dengan melakukan tweaking atau penyesuaian warna pada gambar, mulai dari kombinasi warna hingga tingkat kecerahan dan kontras gambar. Hexachroma tidak hanya mengandalkan optimalisasi tingkat kehitaman dan kesempurnaan warna putih pada gambar seperti teknologi QLED. Selain itu, teknologi Hexachroma ini bisa bekerja baik pada layar LED maupun OLED, sedangkan teknologi Quantum Dot pada QLED hanya bisa bekerja pada layar LED, karena teknologi QLED masih membutuhkan pencahayaan belakang untuk bekerja dengan baik.


3. HDR 10+

Standar HDR (High Dynamic Range) sudah semakin banyak ditemukan di berbagai macam jenis TV saat ini. TV dengan teknologi HDR memiliki kontras yang lebih baik dan palet warna yang lebih luas, sehingga menghasilkan warna yang lebih dinamis dan gambar yang lebih detail, baik pada gambar yang terang maupun gelap. Tapi untuk menampilkan gambar dengan standar HDR, Anda tidak hanya memerlukan TV dengan teknologi HDR, tapi juga konten video yang telah memenuhi standar HDR. Bila TV Anda sudah memiliki teknologi HDR tapi tayangan yang Anda nikmati belum memenuhi standar HDR, kualitas gambar tidak akan sesuai dengan standar HDR. Tapi saat ini sudah semakin banyak tayangan yang memiliki standar ini, kok.


Kini, teknologi HDR sudah berkembang menjadi HDR 10, dan berkembang lagi menjadi HDR 10+.. Pada HDR 10, hanya 1 macam setting yang digunakan pada setiap macam gambar dan tayangan. Dengan kata lain, 1 macam setting dipukul rata untuk setiap jenis gambar dan tayangan. Sedangkan pada HDR 10+, ada serangkaian setting yang berbeda-beda, tergantung pada jenis gambar yang ditampilkan. Hasilnya adalah kualitas tayangan yang semakin prima.


4. Dynamic Blade Speaker

Kualitas gambar prima tentu kurang lengkap bila tidak didampingi oleh kualitas suara yang hebat. Panasonic memiliki Dynamic Blade Speaker, pengeras suara terintegrasi pada Panasonic TV yang memberikan suara jernih namun kuat dengan bentuk yang ramping. Dengan 14 unit speaker dan Quad Passive Radioator untuk mengangkat suara bass, Dynamic Blade Speaker memberikan suara berkualitas sinematik, sehingga memberikan pengalaman menonton di rumah yang tak kalah dengan saat menonton di bioskop.


Bukan hanya performanya saja yang prima. Dynamic Blade Speaker juga memiliki desain yang ramping dan cantik. Sound system ini diletakkan di depan layar TV, terintegrasi pada penyangga TV. Sekilas, layar TV tampak melayang di atas speaker. Hal ini memberi kesan mutakhir dan canggih pada desain keseluruhan TV, sehingga TV Anda tampil cantik di ruangan Anda.


Panasonic TV akan terus berkembang dengan inovasi-inovasi baru untuk memberikan pengalaman menonton yang memuaskan di rumah Anda berkat kualitas gambar dan suara yang prima, serta desain yang modern. Klik saja fitur TV Guide di www.panasonictv.id untuk mempelajari fitur-fitur canggih Panasonic TV lainnya secara lebih lanjut. Bila sudah siap memilih TV yang sesuai dengan Anda, klik fitur ‘Find Your TV’. Dengan teknologi TV termutakhir, Hollywood pun akan dibawa ke rumah Anda.


Source: TechRadar


YOU MAY ALSO LIKE