Pengaruh Warna Terhadap Psikologi Manusia

about us

Warna bukan hanya sekedar spectrum yang membuatnya terlihat menjadi hidup dan menarik. Warna memiliki definisi yang lebih dari itu dan membuatnya mampu menyampaikan suatu pesan tertentu ketika digunakan. Pesan tersebut hadir karena adanya pengaruh warna terhadap psikologi manusia ketika digunakan untuk berbagai media. Lalu, apa saja pengaruh tiap warna terhadap psikologi manusia? Berikut ini beberapa warna beserta pengaruhnya terhadap psikologi manusia.


Warna Merah yang dominan
Warna merah merupakan salah satu warna yang kerap hadir pada berbagai media. Warna merah yang digunakan memberikan kesan dominan, hangat dan meningkatkan agresivitas seseorang. Warna ini kerap kali digambarkan sebagai warna yang dapat menggambarkan reaksi emosional. Penggunaan warna merah pada suatu objek membuat objek tersebut terlihat lebih dekat dari sebenarnya. Karena efeknya tersebut, warna merah kerap kali digunakan sebagai media obat penyakit anemia, tekanan darah rendah hingga penggunaan rambu lalu lintas untuk menggambarkan sebuah peringatan keras.


Warna Kuning yang Cheerful dan Optimis
Jika warna kuning memberikan kesan dominan dan agresif, warna kuning memberikan kesan yang cheerful atau ceria dan optimis. Penggunaan warna kuning biasanya digunakan dalam dinding rumah untuk meningkatkan kreativitas. Selain itu, warna kuning juga biasanya digunakan untuk menetralkan rasa gugup karena kecendrungannya yang memberikan kesan optimis. Warna kuning yang mencolok juga memberikan kesan hati-hati seperti yang ditunjukkan pada lampu lalu lintas dan rambu lalu lintas di jalanan.


Warna Biru yang Menenangkan
Apa yang terlintas dipikiran Anda ketika melihat sebuah warna biru? Langit dan lautan kah? Ya, Warna biru memang di asosiasikan dengan langit dan laut karena sama-sama memberikan ketenangan. Tak hanya itu, warna biru juga memberikan kesan damai ketika digunakan untuk berbagai media seperti logo produk. Warna biru merupakan salah satu warna favorit yang banyak digunakan di dunia. Namun, jangan sekali-kali menggunakan warna biru secara berlebihan pada suatu ruangan karena justru akan menimbulkan kesan yang dingin dan tidak bersahabat kepada para penghuninya.


Warna Hijau yang menyegarkan
Warna Hijau biasanya diasosiasikan sebagai warna yang menyegarkan dan alami. Wajar saja mengingat warna hijau menggambarkan warna daun dan pepohonan yang begitu hijau. Karena kesan segar dan alami yang ditimbulkan, warna hijau bahkan digunakan dalam tagline “Go Green” yang digaungkan di seluruh dunia guna menjaga keasrian dan kelestarian tanaman di bumi. Selain memberikan kesan segar, warna hijau juga memberikan kesan aman dan seimbang atau harmoni.


Warna Hitam yang memberikan kesan glamor dan elegan
Hitam kerap kali diasosiasikan sebagai kegelapan dan penuh dengan hal-hal negative di dalamnya. Padahal hitam juga memberikan kesan glamor dan elegan ketika digunakan pada berbagai media. Salah satunya adalah pada produk Panasonic TV yang menggunakan warna hitam pada beberapa produknya guna menegaskan kesan glamor dan elegan pada desain produk yang dimiliki. Tak hanya itu, warna hitam juga memberikan kesan serius ketika diterapkan dalam suatu ruangan.


Warna Orange yang memberikan kenyamanan
Pada dasarnya, warna orange tercipta akibat pencampuran warna merah dan kuning. Kedua warna ini membentuk warna orange yang memberikan kesan nyaman saat digunakan. Tak hanya itu, warna orange juga diklaim dapat meningkatkan nafsu makan sehingga kerap kali digunakan pada ruang makan atau ruang keluarga. 


Warna Putih yang memberikan kesan murni dan suci
Putih menggambarkan segala hal yang berhubungan dengan kebersihan dan kesucian. Gambaran tersebut bermula karena warna putih merupakan warna yang bisa berubah warna dengan cepat ketika bercampur dengan warna lainnya. Warna putih yang alami diasosiasikan sebagai warna yang higienis, bersih, murni dan suci. Karena kesan itulah beberapa pakaian keagamaan berwarna putih guna menunjukkan kesan suci didalamnya. Penggunaan warna putih juga dapat memberikan efek ilusi lebih tinggi atau lebih besar ketika digunakan dalam media pakaian atau dinding rumah.


Warna Coklat yang memberikan kesan lembut dan hangat
Seperti halnya coklat untuk dikonsumsi, warna coklat juga dikenal mampu memberikan kesan lembut dan hangat ketika digunakan pada berbagai media. Warna coklat yang begitu hangat kerap kali menggambarkan ketenangan saat digunakan. Warna Coklat sejatinya tercipta dari penggabungan 3 warna yakni merah, kuning dan hitam. Warna ini, selain memberikan kesan lembut dan hangat juga memberikan kesan yang serius ketika digunakan.


Warna Merah Muda yang memberikan kesan feminine
Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika melihat warna pink? Feminine? Tentu saja, karena warna pink atau merah muda memang selalu di asosiasikan dengan segala hal yang bersifat feminine atau mengarah kepada wanita. Pada dasarnya warna merah muda dihasilkan dari penggabungan warna merah dan putih. Karena sifatnya yang feminine, warna merah muda berlawanan dengan sifat maskulin pria sehingga sangat tidak cocok jika digunakan pada pria. Selain menimbulkan kesan feminine, sejatinya warna merah muda juga memberikan kesan santai ketika digunakan.


Teknologi Hexachroma yang menggabungkan semua pengaruh warna dengan mengesankan
Setiap warna menyampaikan pesannya masing-masing. Lalu, bagaimana jika seluruh warna tersebut digabungkan hingga memberikan spectrum warna yang memanjakan mata dalam Televisi Anda? Perkenalkan, teknologi Hexa chroma drive pro Chroma Drive yang mampu menyajikan warna yang real pada Televisi Anda ketika menayangkan tayangan favorit Anda dirumah. Teknologi Hexa chroma Chroma Drive yang digunakan pada produk Panasonic TV mampu menyajikan kualitas gambar dengan hasil yang nyaris 100% riil seperti aslinya. Kunjungi laman www.panasonictv.id untuk mengetahui lebih lanjut seputar teknologi paling mutakhir dari Panasonic TV.


Source: Homify


YOU MAY ALSO LIKE