Mengenal Perbedaan Kualitas Suara Stereo dan Mono

about us

Pernahkah Anda mendengar istilah suara stereo dan mono saat akan mencari perangkat elektronik seperti speaker atau TV? Kedua istilah kualitas suara tersebut telah lama digunakan oleh beragam perangkat elektronik untuk menandakan suara yang akan dihasilkan. Tapi, sudah tahukah Anda apa perbedaan dari kualitas suara stereo dan mono? Mari mengenal lebih jauh seputar kualitas suara stereo dan mono melalui ulasan berikut ini.


Apa Itu Stereo dan Mono?

Sebelum mengetahui perbedaan kualitas suara dan mono, mari mengenal terlebih dahulu pengertian dari kualitas suara Mono dan Stereo. Kualitas suara Mono berarti suara yang dihasilkan secara monofonik yang bertujuan untuk didengar seolah-olah suara tersebut berasal dari satu arah suara saja. Sementara itu, kualitas suara Stereo berarti suara yang diproduksi dengan tujuan agar suara tersebut terdengar seperti dari banyak arah atau dari sumber suara lebih dari satu arah.


Sejarah Kualitas Suara Stereo dan Mono

Meskipun telah diperkenalkan sejak tahun 1881, kualitas suara stereo belumlah menjadi pilihan utama bagi sebagian besar perusahaan rekaman suara. Karena, sampai dengan tahun 1940, kualitas suara mono masih menjadi pilihan oleh sebagian besar orang dalam mendengarkan musik atau menonton film. Hal ini disebabkan karena mesin pemutar yang ada saat itu masih mendukung kualitas suara mono sehingga kebanyakan produsen musik atau film memilih untuk memproduksi karyanya dalam kualitas suara mono. 


Fungsi Ideal

Jika diperhatikan dari kualitas suara yang dihasilkan, apakah fungsi kualitas suara Stereo dan Mono sama idealnya? Tentu saja tidak, karena pada beberapa media kualitas suara mono lebih unggul sementara pada beberapa media lainnya kualitas suara stereo jauh lebih unggul. Pada media seperti alat bantu dengar, handy talky dan stasiun radio AM kualitas suara Mono sangatlah dibutuhkan karena ideal dalam kebutuhan suara yang dihasilkan media tersebut. Sementara itu, untuk media film, televisi, pemutar musik dan stasiun radio FM suara stereo sangatlah dibutuhkan karena akan meningkatkan kualitas para pendengar saat menikmati suara dari media-media tersebut.


Metode Perekaman Suara

Perbedaan suara akan sangat terasa saat Anda mendengarkan media dengan kualitas suara mono dan stereo. Lalu, bagaimana metode perekaman suara sehingga dapat menghasilkan kedua jenis suara tersebut? Pada kualitas suara mono, metode perekaman dilakukan dengan menggunakan satu mikrofon dan satu speaker saja untuk mendengarkan suara yang dihasilkan media tersebut. Hal inilah yang membuat Anda akan terasa seperti mendengarkan suara dari satu arah saja karena metode perekaman yang dilakukan hanya menggunakan satu mikrofon saja. 

Sementara itu, untuk kualitas suara stereo, rekaman suara dilakukan dengan menggunakan dua mikrofon atau lebih. Efek suara yang dihasilkan dari berbagai penjuru ruangan disebabkan karena perekaman yang dilakukan oleh banyak mikrofon sekaligus. Agar dapat menghasilkan kualitas suara yang stereo, Anda tentu perlu memperhatikan peletakkan speaker agar didapat hasil suara yang benar-benar stereo dan menyeluruh hingga memenuhi seisi ruangan.


Kualitas Suara Untuk Kebutuhan Masa Kini 

Lalu, kualitas suara manakah yang dibutuhkan untuk kehidupan saat ini? Jika dilihat dari media yang banyak digunakan, maka kualitas suara yang sangat dibutuhkan saat ini adalah kualitas suara stereo. Karena, suara dengan kualitas stereo akan memanjakan para pendegar yang mendengarkan media seperti film atau lagu dari pemutar media yang dimiliki. Agar bisa menghasilkan suara stereo yang memanjakan telinga, maka Anda dapat menggunakan audio untuk dihubungkan dengan TV atau pemutar media di rumah Anda. Audio Panasonic dapat menjadi pilihan terbaik karena menghasilkan suara stereo dari media yang Anda putar. Dengan menggunakan Audio Panasonic, kualitas suara yang dihasilkan akan terdengar menyeluruh ke seisi ruangan di rumah Anda sekaligus membuat sensasi menonton film atau mendengarkan musik jadi lebih sempurna.


Source: Panasonic


YOU MAY ALSO LIKE