Meletakkan TV di Dinding atau Di Meja, Mana yang Anda Pilih?

about us

Seiring berjalannya waktu, Televisi mengalami revolusi pada berbagai hal. Tidak hanya harga TV LCD dan TV LED yang semakin terjangkau melainkan juga dimensi dari TV yang semakin ramping. Dimensi TV yang semakin ramping dan mudah untuk dipindahkan membuat peletakkan TV menjadi lebih fleksibel. Dimensi yang ramping membantu Anda agar dapat meletakkan TV dengan lebih mudah yakni di dinding ataupun di atas meja seperti biasa. Hal ini tentu akan memudahkan Anda sekaligus bisa membuat Anda bingung mana cara peletakkan TV yang terbaik. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan peletakkan terbaik TV di rumah Anda.

Kelebihan meletakkan TV di dinding

Meletakkan TV di dinding kini menjadi pilihan banyak orang saat memiliki TV baru. Karena, ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan saat TV diletakkan di dinding dengan menggunakan bracket. Salah satunya yaitu membuat ruangan terasa lebih luas. Hal ini menjadi kelebihan utama yang membuat banyak orang memilih untuk meletakkan TV barunya di dinding. Selain itu, kelebihan lainnya yang bisa didapat adalah TV yang terlihat lebih menyatu dengan ruangan sehingga lebih sedap dipandang.

Kekurangan meletakkan TV di dinding

Meski meletakkan TV di dinding bisa memberikan berbagai kelebihan, bukan berarti tidak ada kekurangannya sama sekali. Ketika Anda meletakkan TV di dinding, salah satu kekurangan yang didapat yakni kabel televisi yang terlihat kurang rapi atau berserakkan di dinding. Hal ini tentu bisa diatasi namun kekurangan lainnya yang tidak kalah penting adalah umur TV yang semakin pendek. Ya, ketika Anda meletakkan TV di dinding, maka secara otomatis jarak antara TV dan dinding akan semakin sempit. Hal ini bisa membuat panas yang dikeluarkan TV akan kembali sehingga suhu TV akan lebih panas dibandingkan biasanya. Sehingga, secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh kepada umur TV tersebut.

Kelebihan meletakkan TV di meja

Selain di dinding, cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meletakkan TV di dalam ruangan yaitu dengan menggunakan meja. Cara ini merupakan cara klasik yang bisa Anda gunakan dengan mudah karena hanya perlu menyiapkan meja TV tanpa harus menggunakan bracket. Ada berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari cara meletakkan TV di meja. Salah satunya yakni lebih stabil dan mudah jika ingin dipindahkan. Berbeda dengan penggunaan bracket yang cenderung permanen, meletakkan TV di meja bisa memberikan fleksibilitas jika Anda ingin memindahkan TV tersebut sewaktu-waktu. Selain itu, meletakkan TV di meja juga bisa memperpanjang umur TV jika diletakkan tidak terlalu menempel ke tembok.

Kekurangan meletakkan TV di meja

Dibalik mudahnya meletakkan TV di meja, ada pula kekurangan yang akan Anda rasakan ketika meletakkan TV di meja. Salah satu hal utama yang menjadi kekurangannya yakni ruang yang terbatas. Ya, ketika Anda meletakkan TV di atas meja, maka Anda perlu menyediakan sedikit ruangan khusus untuk meja tersebut. Hal ini tentu bukanlah suatu hal yang ideal apabila Anda memiliki ruangan TV yang tidak terlalu luas atau tinggal di apartment dengan ruangan yang terbatas.

Mana yang sebaiknya dipilih?

Dari berbagai pertimbangan mengenai kelebihan dan kekurangan peletakkan TV di dinding atau di meja, manakah yang sebaiknya Anda pilih? Jawabannya, tentu tergantung pada ruangan yang Anda sediakan untuk menonton TV di rumah. Karena, jika Anda memiliki ruang yang terbatas dan menginginkan TV dengan peletakkan yang stylish, maka meletakkan di dinding jadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda memiliki ruang yang lebih lapang dan ingin memindahkan TV tersebut sewaktu-waktu, maka meletakkannya di atas meja menjadi pilihan yang bijak. 

Source: Panasonic


YOU MAY ALSO LIKE