Ingin Membersihkan TV LED Anda? Ikuti Step-By-Stepnya Berikut Ini

about us

TV LED merupakan salah satu peralatan elektronik yang wajib hadir dalam setiap rumah. Kehadiran TV LED dapat membuat suasana ruang keluarga di rumah Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Karena besarnya peran TV LED tersebut maka tak heran jika setiap rumah setidaknya memiliki satu Panasonic TV LED terbaik untuk digunakan bersama keluarga tercinta. Karena perannya yang begitu besar, maka sebaiknya Anda senantiasa merawat TV LED tersebut dengan cara membersihkannya secara rutin. Berikut ini berbagai langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan TV LED di rumah Anda.

Matikan TV LED terlebih dahulu

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan TV LED Anda terlebih dahulu. Mematikan TV LED Anda saat proses pembersihan bertujuan agar dapat memudahkan Anda dalam melihat debu dan kotoran yang menempel pada layar TV LED Anda. Jika TV LED Anda dinyalakan, maka tentu sulit untuk mencari letak kotoran dan debu yang menempel pada TV LED Anda.

Selain untuk mempermudah dalam melihat debu dan kotoran, proses mematikan TV LED saat proses pembersihan juga bertujuan untuk merawat pixel layar Panasonic TV LED Anda. Karena, jika Anda menyalakan TV LED Anda saat membersihkannya maka besar kemungkinan piksel pada TV LED Anda akan rusak. Sehingga, kualitas TV LED Anda akan menurun dan menonton TV pun tidak lagi menyenangkan. 

Memperhatikan garansi TV LED

Di dalam paket penjualan TV LED terbaik, biasanya terdapat garansi sebagai layanan after sales yang diberikan pihak produsen kepada konsumen. Contohnya adalah Panasonic TV yang memberikan garansi dan layanan reparasi di berbagai tempat (untuk lebih lengkapnya cek website www.panasonictv.id. Garansi yang diberikan bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada para konsumen akan kerusakan saat menerima TV LED yang telah dibelinya. Ketika Anda menemukan noda membandel atau kerusakan pada TV LED Anda yang disebabkan karena kesalahan produksi atau pengiriman yang tidak baik, maka Anda dapat melakukan klaim terhadap garansi yang diberikan pihak produsen. Jangan lakukan proses pembersihan jika Anda merasa itu dapat merusak kualitas TV LED Anda karena hal tersebut akan membuat garansi yang diberikan menjadi hangus. Oleh karena itu, perhatikan garansi yang diberikan TV LED sebelum membersihkannya.

Gunakan kain kering yang lembut untuk membersihkan

Setelah mematikan TV LED Anda, selanjutnya mulai masuk ke proses pembersihan. Saat melakukan proses pembersihan, gunakan kain kering yang lembut untuk membersihkan layar TV LED Anda. Pengunaan kain yang kering dan lembut bertujuan agar layar TV LED Anda tidak tergores saat dibersihkan. Beberapa jenis kain yang harus Anda hindari adalah tissue karena terbuat dari material yang tidak cukup lembut. Sementara itu, salah satu jenis kain yang dapat digunakan untuk membersihkan TV LED adalah kain microfiber. Jangan lupa, pastikan kain yang Anda gunakan bersih dan tidak ada noda menempel di kain tersebut.

Setelah menyiapkan kain kering dengan bahan yang lembut, mari mulai melakukan proses pembersihan pada TV LED Anda. Bersihkan layar pada TV LED Anda menggunakan kain kering tersebut secara perlahan-lahan dengan cara mengusapnya. Usahakan untuk mengusap bagian layar LED secara searah agar kotoran dan debu dapat terangkat secara maksimal. Pastikan pula Anda tidak menekan bagian layar TV LED terlalu keras agar tidak merusak layar TV LED Anda. Setelah bagian layar, Anda dapat melanjutkannya ke bagian belakang dan samping TV LED Anda secara bergantian. Lakukan proses ini secara berulang-ulang sampai Anda merasa TV LED Anda telah bersih secara maksimal.

Menggunakan cuka dengan air untuk membasmi noda membandel

Sudah membersihkan TV LED Anda secara maksimal namun masih ada noda bandel yang menempel? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan campuran cuka dan air untuk menghilangkannya. Berikut ini beberapa langkah untuk membersihkan noda membandel pada TV LED terbaik yang Anda miliki di rumah Anda :

1. Siapkan wadah untuk mencampurkan larutan air dan cuka

2. Kemudian, campurkan cairan air cuka dan air ke dalam wadah tersebut. Jangan semprotkan air cuka secara langsung ke layar TV LED Anda karena akan membuat layarnya rusak permanen dalam seketika.

3. Setelah mencampurkan kedua cairan tersebut, celupkan kain yang Anda gunakan tadi secara perlahan. Setelah itu usap bagian noda membandel pada TV LED Anda secara perlahan.

4. Ulangi proses pembersihan jika noda tersebut masih menempel pada TV LED Anda

5. Setelah noda tersebut hilang, usap kembali bagian tersebut dengan kain microfiber kering agar kering seketika.

Beberapa bahan yang harus dihindari saat membersihkan TV LED

Membersihkan TV LED tidak semudah saat Anda membersihkan furniture di rumah Anda. Diperlukan perhatian khusus mengenai material pembersih yang digunakan mulai dari kain yang digunakan hingga cairan kimia yang digunakan untuk membersihkannya. Beberapa bahan kimia berikut harus Anda perhatikan karena tidak boleh digunakan untuk membersihkan TV LED Anda terutama pada bagian layarnya :

1. Ammonia, biasanya ditemukan pada cairan pembersih kerak kaca

2. Ethyl Alcohol, biasanya ditemukan pada hand sanitizer

3. Acetone, biasanya ditemukan pada cairan pembersih kutek atau pacar kuku

Ketiga bahan kimia tersebut harus Anda hindari karena dapat menyebabkan kerusakan pada bagian layar TV LED Anda. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan cairan pembersih untuk membersihkan TV LED Anda sebaiknya perhatikan kandungan yang ada lebih dulu.

Tempatkan tv led TV LED di tempat yang bersih

Setelah Anda melakunan proses pembersihan secara menyeluruh pada TV LED Anda, letakkan TV LED tersebut di tempat yang bersih dan terhindar dari debu. Meletakan TV LED pada tempat yang tepat dapat menghindarkan Anda dari proses pembersihan yang dilakukan secara berulang-ulang. Beberapa lokasi peletakkan TV LED yang harus Anda hindari adalah dekat jendela. TV LED yang diletakkan di dekat jendela akan lebih mudah membuat TV LED Anda menjadi kotor karena banyaknya debu yang beterbangan. Selain itu, hindari pula peletakkan TV LED dekat kipas angin karena kipas angin bisa membawa debu serta mengarahkannya ke TV LED Anda.


Source: Cari Sinyal


YOU MAY ALSO LIKE