Hidup Lebih Menyenangkan dengan Kualitas Gambar

about us

Seiring dengan berkembangnya teknologi, peralatan elektronik seperti TV pun berevolusi menjadi semakin canggih dan beragam. Pilihan jenis TV yang tersedia saat ini lebih banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai faktor dari sisi pembeli, seperti anggaran, ukuran ruangan, kebutuhan, dll. Saat ini, fungsi TV pun tidak terbatas sebagai alat untuk menonton tayangan televisi saja. Serupa ponsel dan peralatan elektronik lainnya, TV kini berkembang menjadi Smart TV yang lebih ‘pintar‘, menyesuaikan diri dengan perubahan gaya hidup masyarakat dan kebutuhan yang semakin bertambah.

Sebenarnya apa sih Smart TV itu? Penjelasan singkatnya, Smart TV adalah TV yang terkoneksi dengan internet. Ketika ponsel, komputer, dan laptop memiliki keterbatasan ukuran layar, tak mengherankan ketika TV pun mulai dihubungkan dengan internet untuk memberikan pengalaman menonton yang lebih memuaskan. Dengan Smart TV, Anda bisa mengakses berbagai situs di internet, bahkan menonton berbagai video di YouTube atau saluran video lainnya dengan lebih mudah. Bila Anda berlangganan layanan TV streaming seperti Netflix, Hulu, dll, Anda juga akan memiliki pilihan tayangan film yang jauh lebih banyak. Anda juga bisa mengunduh berbagai aplikasi, membaca berita,, bahkan mengakses media sosial Anda melalui Smart TV Anda. Beberapa jenis Smart TV bahkan memiliki kamera yang akan memungkinkan Anda untuk melakukan video call melalui aplikasi seperti Skype, dll.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah setiap Smart TV dari merk yang berbeda biasanya memiliki sistem operasi dan antarmuka yang berbeda-beda, misalnya Panasonic TV dengan Firefox OS. Karena itu, sebelum Anda membeli Smart TV, pastikan Anda telah mengetahui dan mencoba berbagai fitur yang dimiliki Smart TV yang ingin Anda beli. Periksa juga apakah komponen hardware yang dimiliki Smart TV cukup besar, agar kinerja Smart TV cukup kencang saat Anda berganti-ganti aplikasi.

Saat membeli Smart TV, Anda juga harus memperhatikan kualitas resolusi yang dimiliki Smart TV tersebut. Anda pasti pernah melihat istilah SD, HD, FHD, 4K, dll di spesifikasi kemampuan TV. Apa arti dari setiap istilah tersebut? Berikut ini penjelasannya:

1. SD (Standard Definition)
TV dengan Standard Definition memiliki kerapatan piksel sekitar 480 pixel. Hal ini tentu berpengaruh pada kualitas gambar yang tidak terlalu tajam. Standard Definition ini biasanya dimiliki oleh TV tabung generasi terakhir.

2. HD (High Definition)
TV HD dengan rasio 16:9 memiliki ukuran piksel sebesar 1280 x 720 (minimal 720 piksel vertikal). Ketajaman gambar tentu lebih baik dibandingkan TV SD.

3. Full HD
Jumlah piksel vertikal minimal pada TV Full HD adalah 1080, sedangkan jumlah piksel horizontalnya tergantung pada rasio TV tersebut. TV Full HD dengan rasio 16:9 memiliki resolusi 1920 x 1080 atau sekitar 2.073.600 piksel di layarnya.

4. UHD (Ultra High Definition)

Teknologi layar terus berkembang menghasilkan resolusi yang semakin baik. TV UHD memiliki minimum standar resolusi 3840 x 2160. Jumlah piksel horizontal minimalnya adalah 3840 piksel, hampir mencapai 4 ribu piksel, sehingga TV UHD sering dikenal juga dengan istilah 4K. Kualitas dan ketajaman gambar TV UHD tak perlu diragukan. Resolusinya tidak berbeda jauh dengan layar bioskop yang memiliki resolusi 4096 x 2160 piksel!

Kuantitas piksel yang banyak tentu harus dibarengi juga dengan kualitasnya. Rasio kontras dan akurasi warna menjadi salah satu patokan yang menentukan kemampuan layar TV menampilkan gambar. Di sinilah muncul standar baru, yaitu HDR (High Dynamic Range) yang sering pula kita temukan dalam spesifikasi kemampuan TV. TV dengan teknologi HDR memiliki kontras yang lebih baik dan palet warna yang lebih luas, sehingga menghasilkan warna yang lebih dinamis dan gambar yang lebih detail, baik pada gambar yang terang maupun gelap. Standar HDR 10 dan HDR 10+ bahkan memberikan gambar yang lebih tajam lagi. Teknologi mutakhir lainnya adalah Hexa Chroma Drive yang dimiliki oleh Panasonic TV. Teknologi ini memungkinkan TV untuk menambilkan gambar dengan 6-Reproduksi Warna (6-Colour Rediscovered), yang mengatur warna dan menghasilkan gambar dengan warna yang lebih kaya.

Selain jumlah piksel dan kemampuan layar, teknologi pencahayaan juga penting. Resolusi gambar tinggi dan tajam harus didukung pula oleh kualitas dan teknologi layar yang canggih. TV LED kini telah berkembang menjadi TV OLED (Organic Light Emitting Diode) yang menggunakan pemancar cahaya dari lapisan organik. Kecepatan respons layar menjadi lebih cepat, sehingga menghilangkan peluang distorsi gambar. Gambar menjadi lebih detail dan jernih, bahkan pada gambar yang menampilkan obyek yang bergerak cepat, seperti tayangan olahraga atau film laga.

Saat ini, TV OLED sudah banyak dijual di banyak toko elektronik. Kualitas tentu sebanding dengan harga, sehingga harga TV OLED memang cukup mahal. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan pengalaman menonton yang lebih memuaskan, lho. Tak sedikit pula TV LED berkualitas yang memberikan tampilan gambar prima. Smart TV LED terbaik dengan resolusi UHD dan teknologi layar yang canggih juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Misalnya, Panasonic TV yang memiliki banyak pilihan fitur untuk memberikan kualitas gambar terbaik untuk Anda. Di situs Panasonic [LINK ke www.panasonictv.id], ada pula fitur ‘Find Your TV ‘ yang akan membantu Anda memilih TV terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Dengan Smart TV berkualitas gambar terbaik, Anda akan mendapatkan TV yang tidak cuma menayangkan beragam tontonan, tapi juga meningkatkan kenyamanan hidup Anda. Hidup lebih menyenangkan dengan kualitas gambar prima!


Source: Liputan 6


YOU MAY ALSO LIKE