Dimensi dan Cahaya di Ruangan Bagi TV Anda

about us

Memilih televisi ternyata harus dipikirkan secara matang. Kita tidak bisa semata hanya melihat penampilan TV akan mempercantik ruangan keluarga. Tetapi kesesuaian jarak antara besarnya dimensi televisi dengan jarak pandang harus dihitung dengan benar. Apabila tidak sesuai maka di kemudian hari dapat berpotensi merusak mata.

Dimensi menjadi sangat penting. Hal paling utama adalah menentukan jarak pandang ideal agar menyaksikan berbagai tayangan terasa nikmat dan memuaskan. Jarak pandang dapat diukur dari posisi peletakan sofa hingga posisi TV. Hal ini berguna agar mata tidak cepat lelah ketika sedang menonton.

Perhitungan yang banyak dijadikan acuan untuk menentukan dimensi ideal televisi dibanding dimensi ruangan adalah jarak pandang dibagi 3 (tiga). Sebagai contoh, jika posisi sofa berada 3 meter atau sama dengan 120 inci (meter dikonversi menjadi inci), maka ukuran televisi yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah 40 inci.

Tak Lagi Masalah

Usahakan pula posisi TV tidak dekat jendela atau ruang yang berpotensi cahaya masuk. Entah itu dari sinar matahari, atau lampu di ruangan. Karena dengan cahaya berlebihan di sekitar TV, sangat berpengaruh bagi kualitas performa gambarnya. Akan seperti over-brightness hingga akhirnya sajian gambar menjadi kurang detail.

Langkah terbaik adalah membelakangi cahaya, karena dengan posisi ini kinerja TV menjadi tak terganggu. Bila masalah di jendela, bisa disikapi dengan memasang tirai yang mampu meredam cahaya matahari masuk. Sedangkan untuk lampu, disesuaikan posisinya sehingga tidak menyorot atau cahayanya jatuh ke layar.

Terdapat hal lain yang juga patut dipertimbangkan, yaitu posisi penempatan sofa. Penempatan ideal adalah menyejajarkan televisi dengan sofa. Tips ini berguna untuk menemukan sudut pandang ideal.

Tingkat kontras dan akurasi televisi dapat berkurang apabila kita menyaksikan tayangan dari arah samping. Sedangkan apabila posisi antara televisi dan sofa sejajar, maka akan meningkatkan tingkat kontras dan akurasi. Oleh sebab itu, pastikan bahwa titik atau posisi tertentu dari ruangan cukup memadai sehingga setiap sudut pandang tidak terlalu menyamping.

Namun bagi TV Hexachroma, masalah sudut pandang atau sudut tonton tersebut sudah bukan masalah. Termasuk masalah cahaya luar. Karena panel layar TV Hexachroma didesain dengan kinerja warna sinematik, brightness mengagumkan, serta kehitaman sempurna. Desain inilah yang membuat masalah-masalah klasik TV modern bisa tersolusikan di TV terbaru Panasonic tersebut.

Walaupun demikian, tak ada salahnya juga bila tips-tips di atas juga tetap diberlakukan. Agar kesempurnaan performa TV Hexachroma lebih terjamin.


YOU MAY ALSO LIKE