Berbagai Cara Penempatan TV LED Dirumah Anda

about us

Menonton TV merupakan salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Untuk menambah kenyamanan tentu diperlukan penempatan TV yang sesuai di dalam ruang TV Anda. TV LED merupakan salah satu TV LED yang perlu diperhatikan cara penempatannya. Berikut ini ulasan mengenai beberapa cara penempatan TV LED di rumah Anda

Tujuan dari penempatan TV LED yang baik

TV LED tidak bisa diletakkan sembarangan begitu saja. Dibutuhkan perhatian khusus dalam meletakkan TV LED. Hal ini bertujuan agar saat menonton Anda akan merasakan sensasi menonton yang begitu nyaman. Selain itu, penempatan TV LED yang baik juga dapat menambah estetika pada ruangan yang Anda gunakan untuk menonton. Sehingga, rumah Anda akan terlihat lebih cantik dengan kehadiran TV LED yang menyatu dengan rumah. Tak hanya itu, penempatan TV LED yang baik juga dapat menambah umur TV LED yang Anda miliki menjadi lebih panjang. Memperpanjang umur TV LED merupakan hal yang menguntungkan mengingat harga TV LED 32 inch bekas yang biasanya jauh lebih rendah sehingga jika Anda dapat merawat TV LED Anda maka nilai jual kembalinya akan menjadi semakin tinggi.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penempatan TV LED

Dalam menempatkan TV LED di rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Dekorasi

Persoalan dekorasi merupakan hal yang paling utama dalam penempatan TV LED dirumah Anda. Saat ini, desain pada TV LED tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan menonton melainkan juga sebagai penambah nilai estetika di dalam ruangan. Pada produk Panasonic TV misalnya, digunakan desain yang elegan agar ruangan di rumah Anda terlihat semakin elegan pula. Oleh karena itu, Anda wajib memperhatikan betul penempatan TV LED agar desain elegan dari TV LED tersebut tidak sia-sia begitu saja.

2. Jarak TV LED

Saat menempatkan TV LED, Anda harus memperhatikan betul jarak antara TV LED dengan tempat Anda menonton. Selain itu, ukuran TV LED juga perlu Anda perhatikan karena menentukan jarak ideal menonton TV. Seperti yang dilansir www.panasonictv.id, idealnya, jika Anda menggunakan Panasonic TV LED dengan ukuran kecil seperti 22/23 inch maka jarak yang tepat adalah sekitar 1-3 Meter. Sementara itu, untuk Panasonic TV ukuran 32-43 inch jarak ideal penempatan TV adalah 3-5 Meter. Lalu, untuk Panasonic TV ukuran 43-65 inch jarak yang ideal adalah 5-7 meter. Jarak yang ideal, selain dapat menambah kenyamanan dalam menonton Televisi juga dapat menjaga mata Anda agar senantiasa sehat saat menonton Televisi.

3. Ketinggian TV LED

Tidak hanya jarak antara TV LED dan tempat menonton yang perlu diperhatikan, ketinggian letak TV LED pun juga perlu diperhatikan. Peletakkan TV LED dengan tinggi yang ideal akan membuat kualitas menonton Anda akan menjadi semakin nyaman. Idealnya, ketinggian TV berada pada 42 inch atau sekitar 106 cm dari lantai. Ketinggian ini dikatakan ideal apabila Anda meletakkan TV LED Anda pada ruang keluarga yang menggunakan sofa sebagai tempat Anda duduk untuk menonton Televisi

4. Instalasi kabel

Dekorasi saja tidak cukup dalam menciptakan ruangan TV yang ideal di rumah Anda. Ada hal lain yang perlu diperhatikan juga yakni instalasi kabel pada ruangan TV tersebut. Instalasi kabel perlu diperhatikan karena jika berantakan akan membuat dekorasi yang berusaha Anda ciptakan akan menjadi sia-sia. Sebaiknya, saat meletakkan TV buat instalasi kabel secara terpadu pada bagian belakang TV LED. Tujuannya, agar kabel-kabel tersebut tidak terlihat secara langsung dan membuat peletakan TV LED terlihat lebih rapi.

Beberapa cara penempatan TV LED

Setelah memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam peletakkan TV LED, berikut ini beberapa cara penempatan TV LED yang dapat Anda terapkan di rumah Anda :

1. Menempel dan terintegrasi dengan dinding

Menempelkan TV LED ke dinding dengan menggunakan bracket merupakan hal yang umum dilakukan karena dikenal dapat menghemat ruang. Selain itu, peletakkan TV LED di dinding juga dapat mempertegas kesan elegan dari desain TV yang Anda miliki. Jangan lupa, buat dekorasi pada dinding sekeliling TV dengan warna yang elegan agar peletakkan TV LED terlihat senada dan tidak terkesan dipaksakan.

2. Meletakkan TV LED di samping dan menggesernya

Meletakkan TV LED di samping ruangan umumnya digunakan jika Anda memiliki ruang yang terbatas untuk TV LED Anda. Untuk peletakkannya, Anda dapat menggunakan bracket TV dengan model swivel agar posisi TV dapat diubah sesuai keinginan. Peletakkan seperti ini sangat cocok jika Anda merupakan orang yang menyukai fleksibilitas termasuk dalam peletakkan TV LED di rumah Anda.

3. Meletakkan di atas credenza

Cara berikutnya adalah dengan meletakkan TV LED Anda di atas credenza atau rak TV. Ini merupakan cara peletakan TV yang klasik dan sangat cocok diterapkan pada rumah yang memiliki gaya klasik. Namun, meletakkan TV diatas credenza dapat memakan ruang sehingga kurang cocok apabila diterapkan di apartment.

4. Menggunakan bingkai

Desain Televisi yang semakin elegan membuatnya sangat cocok untuk dibuat seolah-olah sebagai pajangan. Untuk mempertegas kesan tersebut, Anda dapat menggunakan bingkai di sekeliling TV LED yang Anda letakkan di dinding ruangan Anda. Dengan menggunakan bingkai, TV LED yang Anda miliki akan menambah estetika dalam ruangan tersebut.

5. Menggunakan panel

Instalasi kabel yang begitu penting membuat Anda harus mencari siasat agar dapat memberikan ruang khsusus untuk kabel tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan panel di belakang TV LED tersebut. Cara ini dapat memberikan kesan elegan namun kurang cocok untuk diterapkan pada apartment tipe studio yang memiliki ruang terbatas.

6. Meletakkan di dalam lemari

Ingin memberikan kesan lapang sekaligus meletakkan TV di dinding? Meletakkan TV LED di dalam lemari merupakan solusi yang tepat. Anda dapat meletakan TV LED tersebut di dalam lemari yang memiliki lapisan cermin di bagian luarnya. Dengan demikian, kesan lapang dapat dihasilkan bersamaan dengan peletakkan TV yang rapi dan elegan.


Source: Homify


YOU MAY ALSO LIKE