Beragam Manfaat dari Mendegarkan Musik

about us

Mendengarkan musik jadi kegiatan yang dilakukan banyak orang setiap harinya. Apalagi saat ini terdapat berbagai platform streaming musik yang dapat memudahkan Anda untuk mendengarkan berbagai musik. Selain itu, musik juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja manfaat baik tersebut? Berikut ini berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mendengarkan musik :

Menurunkan stress 

Jika Anda merupakan orang yang cenderung mudah stress, maka mendengarkan musik bisa jadi cara yang ampuh untuk meredamnya. Karena, menurut sebuah studi, mendengarkan musik yang tenang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Hormon tersebut dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan bahagia. Sehingga, gejala stress yang biasa hadir pun dapat diredam.

Baik untuk Jantung

Percayakah Anda bahwa mendegarkan musik juga bisa berdampak pada tekanan darah yang dipompa oleh jantung manusia? Hal ini disebabkan karena musik yang Anda dengarkan dapat memacu adrenalin dan mengatur jantung yang memompa darah. Apabila Anda mendengarkan musik dengan beat yang cepat, maka jantung akan memompa darah lebih cepat pula. Sebaliknya, musik yang tenang dapat membuat jantung memompa darah dengan lebih tenang.

Meredakan sakit

Sifat musik yang dapat meningkatkan kadar serotonin di otak tidak hanya berguna untuk menurunkan tingkat stress melainkan juga dapat meredakan rasa sakit seseorang. Hal ini disebabkan karena perasaan senang cenderung dapat membuat orang lupa akan sakit yang sedang dirasakan. Selain itu, kondisi tubuh yang rileks juga dapat membuat sistem imun dalam tubuh bekerja menyembuhkan diri sendiri lebih baik. Sehingga dapat dikatakan musik memiliki peran dalam meredakan sakit seseorang.

Memperkuat daya ingat

Musik yang Anda dengarkan juga dapat membuat daya ingat jadi lebih kuat. Sebuah penelitian di Hongkong menyimpulkan bahwa anak-anak yang mendengarkan musik cenderung memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan musik. Kesimpulan tersebut didapat setelah dilakukan tes daya ingat sehingga Anda dapat menggunakan musik apabila ingin senantiasa memperkuat daya ingat.

Menjadikan otak lebih tajam dan awet muda

Bukan cuma daya ingat, musik juga dapat menjadikan otak pendengarnya jadi lebih tajam. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Kansas Medical Center menyatakan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti bermain musik atau mendengarkan musik, cenderung memiliki otak yang lebih tajam dan awet muda dibandingkan mereka yang tidak mendengarkan atau memainkan musik.

Meningkatkan produktivitas

Jika Anda seorang yang ingin produktif dalam bekerja, maka mendengarkan musik dapat menjadi cara yang tepat. Karena, sebuah survei menyimpulkan bahwa karyawan yang mendengarkan musik lebih banyak cenderung lebih produktif dibandingkan karyawan yang tidak mendengarkan musik. Jadi, apabila Anda ingin lebih produktif maka mendengarkan musik dapat jadi alternatif yang tepat.

Membantu tidur

Apabila Anda orang yang sering mengalami gejala susah tidur, maka mendengarkan musik bisa jadi cara yang tepat untuk mengatasi gejala tersebut. Karena, mendengarkan musik bisa membawa ketenangan pada tubuh sehingga membuat pendengarnya jadi lebih mudah terlelap. Kondisi tersebut bisa tercipta asalkan Anda mendengarkan musik yang menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Mendengarkan musik memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, pastikan pula telinga Anda dimanjakan oleh suara musik yang jernih dan keras. Untuk itu, Anda dapat menggunakan speaker bluetoothPanasonic yang dapat memanjakan telinga Anda dengan kualitas suara yang dihasilkan. Selain kualitas suara yang nyaman untuk didengar, Anda juga akan dimanjakan dengan konektivitas bluetooth yang dimilikinya. Jadi, Anda dapat menyetel berbagai musik dari ponsel atau perangkat lainnya tanpa kabel sehingga lebih praktis dan mudah untuk digunakan.

Source: Panasonic


YOU MAY ALSO LIKE