Begini Cara Mudah Merawat TV LCD yang Tepat

about us

Memiliki TV LCD adalah impian setiap keluarga. Menonton tayangan hiburan maupun berita melalui TV LCD dapat memberikan kepuasan tersendiri. Tentu, Akivitas menonton tayangan TV menjadi seru dan menyenangkan.

Bicara soal TV LCD tentu menjadi pilihan utama bagi siapapun yang menginginkan TV masa kini. TV LCD menjamin kepuasan kepada penggunanya untuk menonton tayangan film, berita, dan tayangan lainnya. Selain fiturnya yang canggih, harga TV LCD pun sangat ekonomis dan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Sayangnya dibalik kecanggihan TV ini, para pemiliknya terkadang lupa untuk merawatnya. Wajar saja bila TV yang Anda miliki tidak dapat bertahan lama. Nah, supaya TV LCD dirumah Anda tetap awet dan dapat bekerja dengan optimal, yuk mulai sekarang rawat TV LCD Anda dengan langkah-langkah berikut ini.

Suhu Ruangan

Perangkat TV LCD dapat meningkatkan suhu ruangan. Terlebih lagi Anda menonton TV dalam rentan waktu yang lama. Selalu perhatikan suhu pendingin udara atau AC dirumah Anda. Bila tak mempunyai pendingin udara, pastikan Anda meletakkan TV LCD diruang yang tidak lembab. Tempatkan TV minimal diruang yang berventilasi atau memiliki pendingin ruangan bagi yang tidak berventilasi.

Pastikan Tidak Ada Debu dan Goresan

Layar TV LCD sangat rentan terhadap debu. Pengguna TV LCD wajib membersihkan TV secara berkala. Sebagai perlindungan, Anda bisa menggunakan screen protector sebagai fitur tambahan untuk melindungi bagian layar TV LCD Anda agar tidak mudah tergores.

Gunakan Kain yang Lembut atau Tipis

Sebelum membersihkannya, pastikan TV yang Anda miliki sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Gunakan kain yang lembut atau tipis saat membersihkan layar TV LCD. Untuk cairannya Anda bisa membeli cairan khusus pembersih layar. Bersihkan secara perlahan dan pastikan TV bebas dari debu dan kotoran.

Hindari Penggunaan 24 Jam Non-stop

Hindari kebiasaan menggunakan TV LCD lebih dari 24 jam non-stop. Menggunakan TV melebihi batas sewajarnya dapat mengurangi ketahanan perangkat itu sendiri dan tidak baik untuk kesehatan mata. Hal ini sering terjadi bila saat malam hari saat Anda sudah tertidur lelap sementara TV terus bekerja. Untuk mencegah hal tersebut, gunakan fitur sleep timer pada TV yang dapat menonaktifkan TV secara otomatis.

Jangan Sampai Tergores

Ada saatnya Anda harus memindahkah TV LCD. Berhati-hatilah saat memindahkan TV LCD dan pastikan tidak ada goresan pada bagian layarnya. Hal tersebut dapat menimbulkan gangguan saat Anda menyaksikan sebuah tayangan TV.

Jauhkan Dari Benda yang Mengandung Magnet

Jauhkah perangkat yang mengandung magnet pada TV. Perangkat tersebut diantaranya smartphone, speaker aktif, laptop, dan sebagainya. Hal ini sangat penting sebab pengaruh magnet dapat menimbulkan kerusakan pada semua jenis perangkat TV termasuk TV LCD.

Gunakan Stabilizer atau Stavol

Menggunakan stabilizer atau stavol sangat disarankan. Dengan stabilizer atau stavol, arus listrik yang mengalir pada perangkat TV Anda jadi lebih stabil sehingga tidak ada tegangan listrik berlebih yang dapat merusak komponen didalam TV. Terlebih lagi bila tegangan listrik dirumah Anda sering mengalami masalah atau tidak stabil.

Jangan Menutup TV Menggunakan Kain

Sebagian orang berpendapat untuk mengurangi debu yang menempel pada TV adalah dengan menutup TV menggunakan kain. Padahal cara ini tidaklah tepat. Sebab, menutup TV dengan kain dapat membuat sirkulasi udara TV jadi berkurang sehingga memicu timbulnya over heat atau kepanasan pada rangkaian.

Itulah tips merawat TV LCD yang benar. Namun apabila TV dirumah Anda sudah tak bisa untuk diservice sebaiknya pilih TV yang berkualitas yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Salah satu merek TV terbaik adalah Panasonic.

Panasonic memiliki kredibitilitas yang baik pada setiap produk TVnya. Spesifikasi dan fitur yang diusung menggunakan teknologi terbaru yang menjamin kualitas TV terbaik. Service center Panasonic pun mudah dijumpai. Selain TVnya awet dan bekerja dengan optimal, Panasonic juga menawarkan TV Lcd murah yang bisa menjadi pilihan untuk Anda.


YOU MAY ALSO LIKE