6 Hal yang Harus Anda Ketahui Tentang TV LED

about us
Kemajuan teknologi mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita. Gaya hidup kita 20 tahun lalu jelas banyak berbeda dengan kehidupan yang kita jalani saat ini. Kecanggihan alat elektronik dan peralatan rumah tangga tentunya juga sangat berbeda. Salah satunya adalah TV. 20 tahun lalu, TV tabung (TV CRT) bisa ditemukan di hampir semua rumah di Indonesia. Para millenial mungkin seperti melihat peninggalan dari abad lalu bila mereka melihat TV tabung.

TV telah mengalami banyak kemajuan sejak 20 tahun lalu. Kini TV tabung sudah sangat sulit ditemukan. TV tabung berkembang menjadi TV LCD, yang kemudian berkembang menjadi TV LED yang bisa ditemukan di hampir semua toko elektronik. Tapi apakah kelebihan dan kekurangan TV LED? Kecanggihan teknologi apa yang membuat TV LED berbeda dan lebih baik dari TV tabung dan TV LCD? Simak penjabarannya berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk mengganti TV Anda dengan TV LED.

1. Kualitas gambar terbaik
TV LED menggunakan pencahayaan latar Light Emitting Diode yang memberikan kualitas rasio kontras lebih besar dan kapasitas resolusi serta rasio kepadatan warna yang lebih tinggi, sehingga gambar lebih tajam dan jernih. Itu sebabnya kualitas gambar TV LED tidak perlu diragukan, apalagi bila dibandingkan dengan TV LCD dan TV tabung. Terlebih lagi dengan teknologi mutakhir Hexa Chroma Drive yang dimiliki oleh Panasonic Hexa Chroma Drive. Teknologi ini memungkinkan TV untuk menampilkan gambar dengan 6-Reproduksi Warna (6-Colour Rediscovered), yang mengatur warna dan menghasilkan gambar dengan warna yang lebih kaya.

2. Hemat daya
TV LED menggunakan daya listrik yang lebih rendah, tepatnya 20-30% lebih hemat, bila dibandingkan dengan TV LCD. TV LED bahkan 50% lebih hemat dibandingkan TV tabung! Biaya listrik secara jangka panjang tentu akan terasa jauh lebih hemat bila Anda menggunakan TV LED. Tentu saja, pengaturan gambar dan warna pada TV LED Anda juga mempengaruhi pemakaian listrik Anda.

3. Lebih tipis
Dibandingkan TV tabung yang berukuran besar, TV LED jauh lebih tipis dan hemat tempat. Ketebalan TV LED bahkan masih lebih tipis bila dibandingkan TV LCD. Walau lebih tipis, TV LED bisa menjadi jauh lebih lebar dibandingkan TV tabung yang hanya bisa mencapai kelebaran 40 inch. Bandingkan dengan TV LED yang bahkan bisa mencapai ukuran 110 inch! Dari segi berat, TV LED juga menjadi lebih ringan dibandingkan TV tabung dan TV LCD.

4. Lebih awet dan tahan lama

Kelebihan TV LED yang ini masih berhubungan dengan fakta bahwa TV LED lebih hemat listrik. Karena menggunakan daya listrik yang lebih kecil, TV LED menjadi tidak mudah panas. Itulah sebabnya TV LED cenderung memiliki usia pakai yang lebih lama dibandingkan TV tabung dan TV LCD. Secara rata-rata, usia pakai TV LED di atas 75 ribu jam.

5. Lebih ramah lingkungan
Karena menggunakan daya listrik yang lebih rendah, TV LED lebih ramah lingkungan dibandingkan TV tabung dan TV LCD. Selain itu, TV LED juga tidak menggunakan merkuri untuk pencahayaan panel display-nya.

6. Banyak pilihan
Saat ini, TV LED bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko elektronik. Pilihannya juga beragam, dengan bermacam ukuran dan harga, mulai dari TV biasa hingga Smart TV yang terkoneksi dengan internet. Anda pun bisa menyesuaikan pilihan TV dengan ukuran ruangan serta anggaran yang Anda miliki.

Selain poin-poin mengenai TV LED yang sudah disebutkan di atas, Anda juga perlu mengetahui cara-cara merawat TV LED. Langkah perawatan TV LED berikut ini akan membantu agar TV LED Anda tidak mudah rusak dan mencapai usia pakai yang optimal:
1. Letakkan TV LED di tempat yang tidak lembab dan tidak berdebu. Debu yang masuk dan terkumpul bisa merusak komponen TV LED
2. Berikan jarak yang cukup antara TV LED dengan dinding. Sirkulasi udara yang cukup membantu agar TV LED tidak mudah panas, sehingga TV LED menjadi lebih awet dan tahan lama.
3. Bersihkan layar TV LED secara rutin dengan cairan pembersih khusus. Gunakan pula kain yang lembut atau kain microfiber, seperti kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata.
4. Saat menonton TV, gunakan pengaturan gambar dan warna yang tidak terlalu tinggi.
5. Matikan TV bila sedang tidak digunakan. Walau sederhana, langkah ini merupakan langkah yang paling sering terlewat dilakukan oleh kebanyakan orang. Dengan pemakaian TV yang bijak, Anda akan merawat TV Anda sekaligus menghemat konsumsi listrik di rumah.

Kelebihan TV LED tentu sebanding dengan kekurangan yang mungkin masih dia miliki. Tapi bila Anda mengejar kepuasan menonton untuk Anda dan keluarga, TV LED adalah pilihan yang paling tepat. Sudahkah Anda mengganti TV Anda dengan TV LED?


Source: Liputan 6


YOU MAY ALSO LIKE