5 Tips Cerdas Memilih TV Berkualitas

about us

Kehadiran TV LCD dan LED sudah menjadi trend. Hampir sebagian besar rumah sudah mengganti TV lama dengan TV LED atau TV layar datar. Apakah Anda hendak mengganti TV rumah Anda? Jangan buru-buru. Saat ini ada banyak TV LCD dan TV LED berbagai merk di Indonesia. Harga kedua TV juga dibandrol dengan harga yang terjangkau. Meski demikian, membeli TV bukan hanya mempertimbangkan soal harga namun bicara soal kualitas. Pilihlah TV berkualitas untuk rumah Anda. Lantas bagaimana cara memilih TV yang berkualitas? Yuk simak kiat-kiat memilih TV yang tepat dan bijak!

Kenali Perbedaan Jenis TV

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli TV adalah memahami lebih dulu apa saja perbedaan jenis TV yang saat ini ada di pasaran. Hal ini untuk mencegah Anda tertipu dan untuk memberikan gambaran perbedaan daya listrik pada setiap TV. Saat ini ada 3 pilihan jenis TV yakni TV Plasma, TV LCD, dan TV LED. Ketiga jenis TV tersebut masing-masing mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.

TV Plasma merupakan jenis TV yang harganya sangat murah dibandingkan LCD dan LED. Teknologi yang diusung pun tidak sebanding dengan jenis TV lainnya. TV ini sudah mulai ditinggalkan. TV Plasma mempunyai desain bodi yang jauh lebih tebal dibandingkan dengan TV LCD maupun TV LED.

TV LCD dan TV LED hampir seperti saudara kembar. Kedua jenis TV ini memiliki teknologi yang sama yakni sama-sama menggunakan layar jenis LCD. Namun TV LCD dan TV LED punya pernedaan. TV LCD masih menggunakan teknologi CCFL atau Cold Cathode Fluorescent Lamps sebagai backlightnya. Teknologi ini boros energi. Berbeda dengan TV LED yang sudah menggunakan LED Lamp yang jauh lebih hemat penggunaan daya listriknya. Selain itu harga TV LED juga sudah lebih ekonomis untuk semua kalangan.

TV dengan Rasio Kontras yang Cukup Tinggi

Setiap TV umumnya menampilkan gambar dengan kontras cerah dan gelap dalam waktu bersamaan. Kemampuan tersebut disebut rasio kontras. Semakin tinggi rasio kontras pada sebuah TV maka kualitas gambar yang ditampilkan semakin tinggi pula. Maka dari itu, pilihlah TV yang menawarkan rasio kontras cukup tinggi agar dapat memberikan kenyamanan dan kemampuan yang besar untuk Anda.

Pertimbangkan Half Life

Half Life atau paruh hidup adalah istilah yang menjelaskan rentang waktu yang dimiliki TV untuk memberikan brightness atau kecerahan layar sebesar 50% dari kemampuan yang dimiliki TV baru. Umumnya, setiap TV punya half life yang berbeda-beda. Namun perlu Anda ketahui semakin lama nilai half life yang dimiliki suatu TV, maka TV tersebut dapat disebut TV berkualitas dan tepat untuk Anda pilih.

Prioritaskan TV Bergaransi

Barang elektronik harus memiliki garansi termasuk TV. Pastikan TV yang Anda pilih sudah memiliki dokumen lengkap mulai dari panduan penggunaan dan fasilitas garansi yang tersedia. Selain itu, pastikan garansi yang berlaku dari toko tempat pembelian TV adalah garansi resmi pabrik bukan garansi dari vendor atau garansi dari pemilik tokonya. Umumnya setiap merek TV memiliki kantor service center yang berada disetiap wilayah. Jadi pastikan TV yang Anda pilih bergaransi dan lokasi service centernya tak jauh dari tempat tinggal Anda.

Pertimbangkan Harga

Terakhir yang harus menjadi dipertimbangkan adalah harga TV. Namun harga bukan berarti menjadi tolak ukur dalam membandingkan kualitas dan mutu suatu produk. Pilihlah merek TV yang sudah memiliki kredibilitas dan populer yakni TV Panasonic. Brand Panasonic sudah terbukti selalu memberikan kepuasan pelanggan dengan menghadirkan TV Led murah yang berkualitas dengan harga yang terjangkau lengkap dengan fitur yang ditawarkan.

Ada banyak tipe TV Panasonic yang bisa Anda pilih sesuai keinginan dan harganya sangat ekonomis. Salah satu produk TV Led andalan Panasonic yang memiliki fitur lengkap dan harganya murah adalah Led TV E302. TV Led 32 inci dari Panasonic ini memiliki desain “Narrow Bezel” yang dapat menyempurnakan dekorasi ruangan Anda. Menariknya lagi, selain desainnya yang sempurna, TV Led ini memiliki segudang fitur diantaranya dapat memutar konten multimedia dari USB. Selain menyaksikan tayangan dari stasiun TV favorit, Anda juga bisa menonton film, mendengarkan musik, hingga melihat gambar melalui TV ini. Tertarik ingin mencoba semua fitur yang ada di TV ini, yuk cari TV idaman Anda disini


YOU MAY ALSO LIKE